Home » Gadget » Samsung Hadirkan PC Berukuran 17 Inci Dengan Konsep Slideable
a

Samsung Hadirkan PC Berukuran 17 Inci Dengan Konsep Slideable

Samsung Inc memperkenalkan personal computer (PC) dengan konsep unik yang disebut slidable, dengan desain ini PC anyar Samsung bisa ditarik ke samping untuk menampilkan layar yang lebih besar.

Sebelum ditarik PC ini memiliki ukuran layar 13 inch namun setelah pengguna menarik layar ke sisi diagonal, ukuran dari PC bertambah menjadi 17 inch.

Dengan ukuran tersebut PC slidable yang dipamerkan Samsung terlihat lebih mirip seperti tablet ketimbang komputer, karena tidak memiliki keyboard.

“Kami mengumumkan display slidable 17 inch untuk PC pertama di dunia. Perangkat ini akan memenuhi berbagai kebutuhan untuk layar yang lebih besar serta portabilitas,” kata CEO Samsung Display JS Cho.

Konsep PC layar geser dikembangkan Samsung dengan mengajak kolaborasi Intel, belum jelas kapan Samsung akan merilis PC terbarunya ini dipasaran.

Namun apabila dilihat dari acara pameran yang digelar Intel Innovation bersamaan dengan perilisan prosesor Core generasi ke-13, PC slidable besutan Samsung menyematkan teknologi layar OLED yang dibuat dengan substansi plastik fleksibel.

Teknologi tersebut dipakai agar panel layar pada PC yang sedang dikembangkan Samsung tahan banting dan tak mudah pecah. Sifat plastik yang sukar untuk pecah, ditambah dengan adanya penggunaan layar Organic Light Emitting Diode (OLED) yang fleksibel, membuat ketangguhan panel layar Samsung tak bisa diragukan lagi.

Meski terbuat dari plastik, namun Samsung mengklaim bahwa panel layar pada PC anyarnya ini akan mirip seperti kaca. Hal ini bisa dilihat dari dari segi penghantarannya atau transmissivity yang tampak lebih jernih, tajam, dan akurat.

Menurut informasi yang beredar PC slidable akan dipasangi software atau perangkat lunak Unison milik Intel, sehingga PC dapat dihubungkan dengan komputer, smartphone ataupun gawai iPhone yang telah didukung Intel.

Baca Juga :  Ini Adalah Review Dari Nazo no Kanojo X

Melansir dari The Verge, Ide PC layar geser seperti ini awalnya di gagas oleh CEO Intel Pat Gelsinger untuk produk komputer terbaru dari Microsoft, namun raksasa teknologi ini membatalkan rencananya untuk memproduksi Windows 10X dengan teknologi layar ganda.

Hingga akhirnya Intel memindahkan konsep ini untuk Samsung, perubahan desain tersebut menandai langkah besar Samsung dan Intel dalam industri teknologi, mengingat sebelumnya Samsung dikenal sebagai produser ponsel layar lipat terpopuler di dunia.