Peluncuran IPhone 14 Terancam Tertunda Karena Aturan Baru Bea Cukai China

Rencana peluncuran iPhone 14, produk gadget terbaru dari Apple, tertunda karena semakin memanasnya konflik China dan Taiwan menyusul sikap marah China atas hukum Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) AS Nancy Pelosi ke Taiwan pekan lalu.

Peluncuran iPhone 14 yang ditunda pada September 202 kemungkinan ditunda Partai Komunis China (PKC) merilis aturan bea cukai baru yang melarang penyebutan kata “Taiwan” atau “Republik China” dalam dokumen pengiriman barang impor yang masuk ke negaranya.

Akibatnya kini semua perusahaan Taiwan termasuk Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) tidak lagi dapat mengirimkan produk buatannya ke konsumen di luar negeri.

“China telah mulai menerapkan aturan baru bahwa suku cadang dan komponen buatan Taiwan tidak boleh diberi label sebagai buatan Taiwan, China atau China Taipei Jika ada produk yang memuat label Made in Taiwan di deklarasi atau karton pengiriman, produk tersebut dikembalikan ke Taiwan, ” ujar sumber yang mengetahui masalah tersebut.

Kunjungan Nancy Pelosi dan pejabat AS lainnya ke Taiwan, telah membuat hubungan geopolitik antara Beijing dengan Taipei memanas.

Menurut Pemerintah China, kunjungan AS di Taipei dapat mempengaruhi Taiwan untuk memisahkan diri dan berupaya meresmikan kemerdekaan secara de facto dari China. Alasan inilah yang membuat China melarang keras AS untuk memasuki kawasan Taiwan.

Meski Beijing telah memberi peringatan dengan meluncurkan latihan militer di selat Taiwan. Namun cara tersebut belum mampu mencegah kunjungan Pelosi, hingga akhirnya para petinggi Beijing geram dan melayangkan sanksi bea cukai pada Taiwan.

Munculnya aturan tersebut membuat pengiriman suku cadang buatan Taiwan terganggu. Sebagai informasi TSMC merupakan salah satu perusahaan semikonduktor yang mengirimkan produk chip untuk raksasa teknologi Apple.

Namun akibat peraturan bea cukai yang diterapkan di China, kini TSMC tidak dapat lagi mengirimkan produk semikonduktornya hingga Apple akan menunda semua produksinya, termasuk seri iPhone 14.

Belum diketahui sampai kapan aturan ini akan diberlakukan pemerintah China. Namun untuk mengantisipasi tertundanya pengiriman chip lebih lanjut, kini Apple telah meminta semua mitranya yang berbasis di Taiwan untuk mematuhi aturan tersebut.

Dengan tidak menggunakan label buatan Taiwan, China atau Chinese Taipei, mengutip dari 9to5mac.